Jumat, 01 November 2013

nama dan fungsi perangkat pada MOBO(mother board)

Sudah pasti banyak orang-orang yang pernah mendengar yang namanya Motherboard. yap motherboard adalah tempat memasangkan processor, RAM, VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain, selain itu motherboard juga berfungsi sebagai mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.

Tapi banyak juga yang tidak tau apasih bagian-bagian pada motherboard serta fungsinya? disini saya akan membahas tentang permasalahan itu.

Motherboard photo motherboard_zpsf676e050.jpg

Dari gambar tersebut kita bisa menjawab satu-persatu:
1. Socket Processor : Socket ini adalah tempat dipasangnya otak dari komputer (Processor), atau lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit).

2. Slot Memory : Socket ini berfungsi untuk memasang memory card (RAM), Memory atau RAM ada beberapa Jenis seperti SDRAM,DDR1,DDR2 dan DDR3.

3. Northbridge : menjembatani/memberi jalan arus data di sekitar slot Memory, Prosesor, Front Side Bus dan AGP Bus juga mengatur kerja power management.

4. Southbridge : mengatur kerja antara peripheral-peripheral/perangkat semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.

Nah, perbedaan diantara Northbridge & southbridge adalah :
Northbridge bertugas hanya menjembatani arus data di sekitar processor, RAM, FSB, AGP, dan power management.
Southbridge mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE Controller, PCI, ROM Bios, keyboard, mouse, USB, Eth., LAN, dll.

5. PCI-E/Express x16 : slot yang dipasangi kartu VGA generasi terbaru.


6. PCI-E/Express x1 : jujur aja saya kurang tau apa fungsi dari PCI-E x1 ini, tapi kalo saya search berfungsi untuk slot sound card tertentu, TV Tuner, I/O Card, dan VGA keluaran Matrox.


7. Slot AGP : Slot VGA Card yang digunakan pada motherboard lama, sudah jarang dipake jaman sekarang.


8. Slot PCI : Slot PCI merupakan slot yang bisa dibilang multi fungsi karena sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, dari mulai VGA (sudah sangat jarang banget), ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card.


9. BIOS (Basic Input-Ouput System) : Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC (Integrated Circuit) ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.


10. Baterai CMOS : baterai khusus untuk men-supply daya pada BIOS.


11. Port SATA : merupakan antarmuka/port untuk media penyimpanan/storage generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.


12. Port IDE : merupakan antarmuka/port media penyimpanan/storage sebelum generasi SATA.


13. Port Floppy Disk : digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Floppy Disk, atau kita lebih mengenal dengan sebutan disket.

14. Port Power : yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer dari power supply.


15. Back Panel : merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC. Port atau colokan yang biasanya ada di belakang casing komputer PC adalah: 


Back Panel photo backpanel_zps1af4ec80.jpg

16. Port PS/2 Mouse : untuk menghubungkan mouse dengan komputer.

17. Port PS/2 Keyboard : untuk memasang keyboard. 

18. Port Paralel : untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya   digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.

19. Port Serial : digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.

20. Port SPDIF : digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre. 

21. Port Firewire : untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video. 

22. Port RJ45 : digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN. 

23. Port USB : digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial. 

24. Port Audio : digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

Itu adalah bagian-bagian atau perangkat yang ada pada Motherboard, Semoga membantu

Saya mengcopas artikel ini dari www.songoware.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar